Jumat, 13 Maret 2015

Latihan Penjas Kelas 7 serta Pembahasannya

Jelaskan cara menahan bola dalam permainan sepakbola!
1. TENIK DASAR MENAHAN BOLA
a. Teknik Dasar Menahan Bola Dengan Dasar Kaki
Badan menghadap kearah datangnya bola. Angkat salah satu kaki dengan telapak kaki menghadap ke depan dan lutut agak ditekuk. Usahakan badan berada pada kaki yang satunya atau kaki tumpu.Teknik ini dapat di gunakan untuk menahan bola yang jatuh dan bola datar.
b. Teknik Dasar Menahan Bola Dengan Kura-Kura Kaki
Caranya, kaki yang di gunakan untuk menahan bola diangkat dan dibawah kearah jatuhnya bola. Ketika bola akan kontak dengan kaki, kaki diturunkan dan di hentikan dengan kura-kura kaki
Jelaskan cara menggriring bola dalam permainan sepakbola!
Menggiring bola adalah gerakan membawa bola dengan menggunakan kaki untuk menuju daerah pertahanan lawan dan menerobos pemain lawan.  Ada beberapa cara menggiring bola, yaitu menggiring bola menggunakan punggung kaki bagian luar dan menggiring bola dengan punggung kaki bagian dalam. Kemampuan menggiring bola mutlak sangat diperlukan bagi seorang pemain yang baik, karena termasuk skill individu yang harus dikuasai oleh setiap pemain.
a. menggiring bola dengan menggunakan punggung kaki bagian luar
Sikap permulaan

Posisi badan agak condong ke depan, punggung kaki bagian dalam dekat bola, badan sedikit ditekuk dan kaki kiri digunakan untuk bertumpu. Letak kaki tumpu disamping bola dengan lutut dan kedua tangan menjaga keeombangan.

Gerakan menggiring bola

Pemain bergerak ke depan sambil menggiring bola. Kaki dan bola sekali-kali bersentuhan , dan kedua kaki selalu dekat dengan bola. Sesuaikan irama ketika sedang membawa bola. Usahakan agar bola tetap dikuasai walaupun lawan berusaha untuk merebutnya.

b. Menggiring bola dengan menggunakan punggung kaki bagian dalam

Sikap permulaan

Salah satu kaki ditempatkan di depan dengan pergelangan kaki sedikit diputar ke dalam, lutut sedikit ditekuk, dan kaki yang satunya digunakan untuk tumpuan. Sikap badan sedikit condong ke depan dan berat badan berada pada kaki yang ada di belakang. Kedua tangan mengayun dengan rileks.

Gerakan menggiring bola

Pemain bergerak ke depan dengan kedua kaki selalu berdekatan dengan bola. Persentuhan bola dengan kaki tepat pada kaki bagian dalam.
Jelaskan cara menggiring bola basket!
Menggiring bola (dribbling ball) adalah suatu usaha membawa bola ke depan. Caranya yaitu dengan memantul-mantulkan bola ke lantai dengan satu tangan. Saat bola bergerak ke atas telapak tangan menempel pada bola dan mengikuti arah bola. Tekanlah bola saat mencapai titik tertinggi ke arah bawah dengan sedikit meluruskan siku tangan diikuti dengan kelenturan pergelangan tangan. Menggiring bola dalam permainan bola basket dapat dibagi menjadi dua cara, yaitu menggiring bola rendah dan menggiring bola tinggi. Menggiring bola rendah bertujuan untuk melindungi bola dari jangkauan lawan. Menggiring bola tinggi dilakukan untuk mengadakan serangan yang cepat ke daerah pertahanan lawan.
Jelaskan cara menangkap bola basket!
Bola dijemput telapak tangan dengan jari-jari tangan terentang dan pergelangan tangan rileks. Saat bola masuk di antara kedua telapak tangan, jari tangan segera melekat ke bola dan ditarik ke belakang atau mengikuti arah datangnya bola. Menangkap bola (catching ball) terdiri dari dua macam cara yaitu menangkap bola di atas kepala dan menangkap bola di depan dada
Sebutkan teknik bermain bulutangkis!
a.        Pukulan Service
Berbagai cara melakukan pukulan servis adalah sebagai berikut:
1)       Pukulan servis pendek (Short service)
2)       Pukulan servis panjang ( Service Lob)
3)       Pukulan servis Drive
4)       Pukulan servis cambuk (Service Flick)
b.        Pukulan Lob atau Clear
Melakukan lob atau melambungkan bola dapat dilaksanakan dengan dua cara yaitu:
a)       Overhead Lob, yaitu pukulan lob yang dilakukan dari atas kepala dengan cara menerbangkan shuttlecock melambung kearah belakang
b)       Underhand Lob, yaitu pukulan lob dari bawah yang dilakukan dengan memukul shuttlecock yang berada dibawah badan dan dilambungkan tinggi kebelakang.
c.        Pukulan Dropshot
Dropshot merupakan pukulan yang dilakukan dengan cara menyeberangkan shuttlecock  kedaerah lawan dengan menjatuhkan shuttlecock sedekat mungkin dengan net.
d.        Pukulan Smash
Pukulan ini berupa suatu ayunan gerakan tangan yang cepat, mendadak dan menghasilkan pukulan yang keras serta menerjunkan shuttlecock secara curam.
e.        Pukulan Drive atau pukulan mendatar
f.         Pukulan Permainan Net (Netting)
Jelaskan kebugaran jasmani!
A. Kebugaran jasmani
•   Kebugaran jasmani yaitu kesanggupan dan kemampuan untuk melakukan kerja atau aktifitas, mempertinggi daya kerja tanpa mengalami kelelahan yang berarti atau berlebihan.
•   Kebugaran jasmani menyangkut kemampuan penyesuaian tubuh seseorang terhadap perubahan tubuh yg disesuaikan oleh aktifitas tertentu dan menggambarkan derajat seseorang untuk berbagi tingkat kegiatan fisik. Dengan demikian, di dalam kebugaran jasmani terdapat 3 unsur pokok yaitu unsur yang sesuai bagi tubuh, unsur kerja, dan unsur sehat. Upaya untuk mengembangkan dan memelihara kebugaran jasmani salah satu caranya adalah dg melakukan berbagai bentuk latihan kebugaran jasmani secara teratur.
Sebelum berenang, ada hal-hal penting yang harus dilakukan. Hal ini dimaksudkan agar nantinya tidak terjadi hal-hal yang tidak dinginkan, misalnya kejang otot, keram, dan tenggelam. Ini dia silahkan disimak.

- Melakukan pemanasan untuk mencegah terjadinya kejang otot pada saat berenang. Pemanasan senam bisa dilakukan dengan cara menggerak-gerakkan badan (senam kecil) atau dengan berlari-lari kecil.

- Mandi pada air pencuran yang tersedia sebelum masuk ke kolam renang. Hal ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa tubuh dalam keadaan bersih dan tubuh dapat menyesuaikan dengan suhu air.

- Latihlah irama kaki terlebih dahulu, sebelum
bentuk-bentuk latihan lainnya.

- Memakai pakaian renang yang berwarna (tidak putih) karena air kolam dapat menyebabkan pakaian berwarna putih berubah menjadi kekuning-kuningan.

- Berjalan-jalan terlebih dahulu di dalam kolam dengan kedalaman yang cocok.


- Jangan berenang dalam keadan perut kosong atau terlalu kenyang. Karena dalam berenang diperlukan banyak tenaga dan apabila perut terlalu kenyang maka beban tubuh menjadi lebih berat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar