RINGKASAN DAN LATIHAN UAS
TEKS EKSPLANASI DAN CERPEN
Ringkasan
TEKS EKSPLANASI
· Teks
eksplanasi adalah teks yang menjelaskan suatu proses peristiwa yang
terjadi secara alamiah.
· Struktur
teks eksplanasi: (1) pernyataan umum,
(2) deretan penjelas, dan
(3) interpretasi.
· Klasifikasi
teks eksplanasi:
(1) Fenomena
alam: banjir, hujan, tanah longsor, dsb.
(2) Fenomena
sosial: proses terbentuknya keluarga, pergunjingan, dsb.
· Contoh
teks eksplanasi fenomena alam:
Menurut ilmu geologi, erosi adalah pengikisan batuan
yang disebabkan oleh kekurangan angin, air, es, dan organisme. Angin yang
berembus kencang terus-menerus dapat mengikis batuan di permukaan bumi. Air
yang mengalir terus-menerus selama jutaan tahun juga dapat menggerus batuan
yang terdapat di sekitarnya seperti yang terjadi pada Grand Canyon, Amerika
Serikat. Es pun dapat meratakan batuan jika celah batuan terisi air yang
membeku.
· Contoh
teks eksplanasi fenomena sosial:
Pergunjingan merupakan bagian dari kehidupan sosial
manusia sebagai sarana untuk meluapkan kekecewaan seseorang dalam interaksi
sosialnya. Salah satu penyebab menjamurnya kelompok pergunjingan dalam
interaksi social adalah adanya pikiran menganggur yang tidak mendapat pekerjaan
tepat. Kondisi yang demikian akan mendorong interaksi antarmanusia
untuk saling menjejali pekerjaan pikiran berupa gunjingan aib orang lain,
akibat dari kelebihan energi pikirannya.
· Perbedaan
teks eksplanasi dan teks eksposisi:
Teks Eksplanasi
|
Teks Eksposisi
|
Definisi:
Teks yang menjelaskan suatu proses
peristiwa yang sifatnya alami (natural).
|
Definisi:
Teks yang memaparkan suatu pendapat. |
Struktur:
· Pernyataan
umum
· Deretan
penjelas
· Interpretasi
|
Struktur:
· Tesis
· Argumentasi
· Penegasan
ulang
|
· Contoh
teks eksplanasi:
Abrasi terjadi karena faktor alam berupa angin yang
bertiup di atas lautan dan menimbulkan gelombang beserta arus laut sehingga
mempunyai kekuatan untuk mengikis daerah pantai. Selain faktor alam, abrasi
juga disebabkan oleh faktor manusia, misalnya penambangan pasir. Penambangan
pasir sangat berperan banyak terhadap abrasi pantai, baik di daerah tempat
penambangan pasir maupun di daerah sekitarnya karena terkurasnya pasir laut
akan sangat berpengaruh terhadap kecepatan dan arah arus laut yang menghantam pantai.
Dengan demikian, abrasi dapat terjadi karena faktor alam dan faktor manusia.
· Contoh
teks eksposisi:
Pada era persaingan dunia kerja yang semakin
kompetitif seperti saat ini, seseorang yang menguasai Bahasa Inggris otomatis
akan memiliki peluang yang lebih besar di dunia kerja. Sebaliknya, orang yang
tidak memiliki kemampuan Bahasa Inggris peluangnya akan semakin kecil untuk
memasuki dunia kerja khususnya untuk dapat diterima sebagai
karyawan. Itulah mengapa penguasaan bahasa Inggris sangat diperlukan untuk
menambah kompetensi di dunia kerja.
· Konjungsi:
Penyebaban : Sebab, karena
Pengakibatan : Sampai, sehingga
Penjumlahan : Dan, dengan, serta
Pertentangan : Tetapi, namun, sedangkan, sebaliknya
Pemilihan : Atau
Penyamaan : Adalah, yaitu, yakni
Penyebaban : Sebab, karena
Pengakibatan : Sampai, sehingga
Penjumlahan : Dan, dengan, serta
Pertentangan : Tetapi, namun, sedangkan, sebaliknya
Pemilihan : Atau
Penyamaan : Adalah, yaitu, yakni
• Ringkasan merupakan penyajian
singkat dari suatu karangan asli tetapi dengan tetap mempertahankan urutan isi
dan sudut pandangan pengarang asli, sedangkan perbandingan bagian atau bab dari
karangan tetap dipertahankan (Gorys Keraf, 1994).
• Ikhtisar adalah suatu
bentuk penyajian yang singkat dari suatu karangan asli, tetapi ikhtisar tidak
perlu mempertahankan urutan karangan asli, tidak perlu memberikan isi dari
seluruh karangan itu secara proporsional.
• Contoh
ringkasan:
Program
Listrik Tenaga Surya
Pemerintah Indonesia bekerja sama
dengan BPPT akan mengembangkan energi listrik tenaga surya. Hal itu dilakukan
untuk menyukseskan program hemat energi. Pernyataan itu disampaikan oleh
Menristek, Kusmayanto, Kardiman, di Jakarta (06/08). Menristek optimis akan
keberhasilan program tersebut karena sistem pembangkit listrik tenaga surya
telah diterapkan di Indonesia. Penerapan tersebut, yaitu Solar Home
System (SHS) untuk pedesaan atau kepulauan yang belum terjangkan
jaringan listrik.
• Contoh
ikhtisar:
Program Listrik Tenaga
Surya
·
Pemerintah Indonesia bekerja sama dengan BPPT akan mengembangkan energi
listrik tenaga surya.
·
Menristek optimis program tersebut dapat terwujud.
·
Sistem pembangkit tenaga surya sebenarnya telah diterapkan di Indonesia,
yakni Solar Home System (SHS).
·
Cara membuat ringkasan:
1. Membaca
naskah asli
2. Mencatat
atau menandai gagasan utama
3. Reproduksi
(menggabungkan gagasan utama)
B. CERPEN
Cerpen merupakan
karangan fiktif yang berisi sebagian kehidupan seseorang atau kehidupan yang
diceritakan secara
ringkas yang berfokus pada suatu tokoh. Ciri-ciri cerpen:
1. Bersifat
fiktif
2. Panjang
cerpen kurang dari 10.000 kata
3. Memiliki
kesan tunggal (aspek kehidupan)
4. Bersifat
padu, padat, dan intensif
5. Terdapat
konflik, tetapi tidak sampai menimbulkan perubahan nasib pelaku utama
6. Hanya
terdapat satu alur saja
7. Perwatakan/penokohan
dilukiskan secara singkat
Unsur
intrinsik cerpen:
1. Tema: pokok
pembicaraan yang mendasari cerita.
2. Tokoh
· Peranan:
Tokoh utama dan tokoh tambahan
· Fungsi
penampilan tokoh: tokoh protagonis (baik) dan tokoh antagonis (jahat)
3. Penokohan: sifat
pada pelaku cerita
Jika pada cerpen disebutkan secara langsung sifat tokoh seperti, baik, penakut, pemarah, dll. Maka dapat dikatakan penokohan (watak) diceritakan langsung oleh pengarang.
Jika pada cerpen disebutkan secara langsung sifat tokoh seperti, baik, penakut, pemarah, dll. Maka dapat dikatakan penokohan (watak) diceritakan langsung oleh pengarang.
4. Latar: 1.
tempat: di rumah, di sekolah, di terminal, dsb.
2. waktu: pagi, siang, sore, malam, dsb.
3. suasana: terharu, gembira, sedih, dsb.
5. Alur: Orientasi (pengenalan –
pemunculan konflik) – Komplikasi (konflik – peleraian) – Resolusi
(penyelesaian)
6. Sudut pandang (Point of
View): posisi pengarang pada sebuah cerita
· Sudut
pandang orang pertama: “Aku”, “saya”, “kami”
· Sudut
pandang orang ketiga: “dia”, “ia”, “mereka”
Latihan Soal
1
I. Pilihlah jawaban yang Anda anggap
paling benar!
Bacalah teks di bawah ini untuk menjawab soal no 1 – 3!
1. (1) Dengan tenaga yang besar dalam gelombang air tersebut, sangat wajar jika bangunan di daratan bisa tersapu dengan mudah. (2) Gelombang tsunami ini merambat dengan kecepatan yang tak terbayangkan. (3) Gelombang tersebut bisa mencapai 500 sampai 1.000 kilometer per jam di lautan. (4) Pada saat mencapai bibir pantai, kecepatannya berkurang menjadi 50 sampai 30 kilometer. (5) Meskipun berkurang pesat, kecepatan tersebut sudah bisa menyebabkan kerusakan yang parah
Kalimat yang merupakan pendapat dinyatakan pada nomor …
Bacalah teks di bawah ini untuk menjawab soal no 1 – 3!
1. (1) Dengan tenaga yang besar dalam gelombang air tersebut, sangat wajar jika bangunan di daratan bisa tersapu dengan mudah. (2) Gelombang tsunami ini merambat dengan kecepatan yang tak terbayangkan. (3) Gelombang tersebut bisa mencapai 500 sampai 1.000 kilometer per jam di lautan. (4) Pada saat mencapai bibir pantai, kecepatannya berkurang menjadi 50 sampai 30 kilometer. (5) Meskipun berkurang pesat, kecepatan tersebut sudah bisa menyebabkan kerusakan yang parah
Kalimat yang merupakan pendapat dinyatakan pada nomor …
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (4) dan (5)
E. (1) dan (5)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (4) dan (5)
E. (1) dan (5)
2 Kalimat pada teks eksplanasi di atas yang mempunyai unsur kausalitas
(sebab-akibat) adalah nomor …
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
3 Kalimat pada teks eksplanasi di atas yang mempunyai konjungsi
syarat adalah nomor …
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
Bacalah teks di bawah ini untuk menjawab soal no 4 –7!
4 Akhir-akhir ini , istilah gempa bumi sering dibicarakan oleh banyak orang. Sepanjang abad 20 dan 21, gempa telah mengakibatkan banyak kematian dan kerugian material yang sangat besar. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa tak pernah ada peristiwa alam lain dalam sejarah yang berpengaruh langsung pada manusia, selain gempa bumi. Bencana gempa bumi telah menjadi peristiwa yang sangat ditakuti.
Berdasarkan strukturnya, teks eksplanasi di atas merupakan bagian …
4 Akhir-akhir ini , istilah gempa bumi sering dibicarakan oleh banyak orang. Sepanjang abad 20 dan 21, gempa telah mengakibatkan banyak kematian dan kerugian material yang sangat besar. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa tak pernah ada peristiwa alam lain dalam sejarah yang berpengaruh langsung pada manusia, selain gempa bumi. Bencana gempa bumi telah menjadi peristiwa yang sangat ditakuti.
Berdasarkan strukturnya, teks eksplanasi di atas merupakan bagian …
A. Kronologis (urutan peristiwa)
B. Penyebab maupun akibat
C. Pengenalan objek
D. Asal usul peristiwa
E. Kesimpulan
B. Penyebab maupun akibat
C. Pengenalan objek
D. Asal usul peristiwa
E. Kesimpulan
5 Kata penunjuk waktu pada teks eksplanasi di atas adalah
A. Oleh karena itu
B. Akhir-akhir ini
C. mengakibatkan
D. peristiwa
E. dalam sejarah
B. Akhir-akhir ini
C. mengakibatkan
D. peristiwa
E. dalam sejarah
6 Pernyataan yang tidak sesui dengan teks di atas adalah …
A. Gempa bumi adalah peristiwa alam yang berpengaruh langsung pada manusia
B. Gempa bumi di dasar laut bisa menyebabkan tsunami
C. Bencana gempa bumi telah menjadi peristiwa yang sangat ditakuti.
D. Sepanjang abad 20 dan 21, gempa telah mengakibatkan banyak kematian
E. Akhir-akhir ini , istilah gempa bumi sering dibicarakan oleh banyak orang
A. Gempa bumi adalah peristiwa alam yang berpengaruh langsung pada manusia
B. Gempa bumi di dasar laut bisa menyebabkan tsunami
C. Bencana gempa bumi telah menjadi peristiwa yang sangat ditakuti.
D. Sepanjang abad 20 dan 21, gempa telah mengakibatkan banyak kematian
E. Akhir-akhir ini , istilah gempa bumi sering dibicarakan oleh banyak orang
7 Kata yang bercetak miring di atas bermakna …
A. Gedung-gedung
B. Bahan bangunan
C. rumah
D. harta benda
E. kerusakan tanah
B. Bahan bangunan
C. rumah
D. harta benda
E. kerusakan tanah
Bacalah teks di bawah ini untuk menjawab soal no 8 –10!
8 Bioteknologi berasal dari istilah latin bio (hidup) dan teknos (teknologi, pencapaian), dan logos (ilmu). Bioteknologi kemudian diartikan sebagai ilmu terapan yang menerapkan prinsip-prinsip sains dan teknologi terhadap serangkaian proses biologis untuk menghasilkan barang dan jasa. Dewasa ini, perkembangan bioteknologi tidak hanya didasari pada biologi, tetapi juga pada ilmu-ilmu terapan dan murni lain, seperti biokimia, komputer, biologi molekuler, mikrobiologis, genetika, kimia, matematika, dan lainnya.
Pernyataan yang sesui dengan teks di atas adalah…
A. Bioteknologi merupakan cabang ilmu biologi
B. Bioteknologi bertujuan untuk mencari keuntungan
C. Bioteknologi merupakan penerapan teknologi terhadap proses biologis
D. Perkembangan bioteknologi selalu didasari oleh peristiwa biologi
E. Bioteknologi bukan ilmu murni
8 Bioteknologi berasal dari istilah latin bio (hidup) dan teknos (teknologi, pencapaian), dan logos (ilmu). Bioteknologi kemudian diartikan sebagai ilmu terapan yang menerapkan prinsip-prinsip sains dan teknologi terhadap serangkaian proses biologis untuk menghasilkan barang dan jasa. Dewasa ini, perkembangan bioteknologi tidak hanya didasari pada biologi, tetapi juga pada ilmu-ilmu terapan dan murni lain, seperti biokimia, komputer, biologi molekuler, mikrobiologis, genetika, kimia, matematika, dan lainnya.
Pernyataan yang sesui dengan teks di atas adalah…
A. Bioteknologi merupakan cabang ilmu biologi
B. Bioteknologi bertujuan untuk mencari keuntungan
C. Bioteknologi merupakan penerapan teknologi terhadap proses biologis
D. Perkembangan bioteknologi selalu didasari oleh peristiwa biologi
E. Bioteknologi bukan ilmu murni
9 Tanggapan yang sesuai dengan teks di atas adalah…
A. Istilah boiteknologi berasal dari bahasa latin
B. Perkembangan bioteknologi seiring dengan perkembangan teknologi komputer
C. Teknologi sangat dibutuhkan dalam mengembangkan ilmu
D. Bioteknologi hanya bisa diterapkan pada tumbuhan dan hewan
E. Bioteknologi sudah semestinya diterapkan untuk kemaslahatan orang banyak
A. Istilah boiteknologi berasal dari bahasa latin
B. Perkembangan bioteknologi seiring dengan perkembangan teknologi komputer
C. Teknologi sangat dibutuhkan dalam mengembangkan ilmu
D. Bioteknologi hanya bisa diterapkan pada tumbuhan dan hewan
E. Bioteknologi sudah semestinya diterapkan untuk kemaslahatan orang banyak
10 Paragraf di atas menggunakan pola pengembangan …
A. Definisi
B. Contoh
C. Proses
D. Klasifikasi
E. Kronologis
B. Contoh
C. Proses
D. Klasifikasi
E. Kronologis
Bacalah teks di bawah ini untuk menjawab soal no 11 – 12!
11 (1) Gempa yang terjadi dalam perut bumi akan mengakibatkan munculnya tekanan ke arah vertikal sehingga dasar lautan akan naik dan turun dalam rentang waktu yang singkat. (2) Hal ini kemudian akan memicu ketidakseimbangan pada air lautan yang kemudian terdorong menjadi gelombang besar yang bergerak mencapai wilayah daratan.
Teks di atas adalah …
11 (1) Gempa yang terjadi dalam perut bumi akan mengakibatkan munculnya tekanan ke arah vertikal sehingga dasar lautan akan naik dan turun dalam rentang waktu yang singkat. (2) Hal ini kemudian akan memicu ketidakseimbangan pada air lautan yang kemudian terdorong menjadi gelombang besar yang bergerak mencapai wilayah daratan.
Teks di atas adalah …
A. Penyebab gempa
B. Penyebab terjadinya tsunami
C. Akibat tsunami
D. Akibat gempa
E. Proses terjadinya laut
B. Penyebab terjadinya tsunami
C. Akibat tsunami
D. Akibat gempa
E. Proses terjadinya laut
12 Maksud kata Hal ini pada kalimat (2) adalah …
A. naik dan turunya dasar laut
B. tekanan ke arah vertikal dalam perut bumi
C. Gempa
D. Tsunami
E. Gelombang besar yang bergerak
B. tekanan ke arah vertikal dalam perut bumi
C. Gempa
D. Tsunami
E. Gelombang besar yang bergerak
Bacalah teks di bawah ini untuk menjawab soal no 13 – 15!
13 Pembagian flora dan fauna di Indonesia didasarkan pada faktor geologi. Secara geologis, pulau-pulau di Indonesia bagian barat pernah menyatu dengan benua Asia. Sedangkan pulau-pulau di Indonesia bagian timur pernah menyatu dengan benua Australia
Kalimat yang tepat untuk ditempatkan sebagai kelanjutan teks di atas adalah ….
A. Indonesia memiliki keragaman flora dan fauna melebihi wilayah mana pun di dunia
B. Kedua wilayah tersebut memiliki flora dan fauna yang sangat berbeda
C. Oleh karena itu, Indonesia memiliki dua kelompok flora dan fauna yang jauh berbeda
D. Penyatuan kedua wilayah itu diprediksi akan terjadi lagi pada abad-abad mendatang
E. Perlu ada perhatian serius untuk melindungi flora dan fauna di kedua wilayah itu
13 Pembagian flora dan fauna di Indonesia didasarkan pada faktor geologi. Secara geologis, pulau-pulau di Indonesia bagian barat pernah menyatu dengan benua Asia. Sedangkan pulau-pulau di Indonesia bagian timur pernah menyatu dengan benua Australia
Kalimat yang tepat untuk ditempatkan sebagai kelanjutan teks di atas adalah ….
A. Indonesia memiliki keragaman flora dan fauna melebihi wilayah mana pun di dunia
B. Kedua wilayah tersebut memiliki flora dan fauna yang sangat berbeda
C. Oleh karena itu, Indonesia memiliki dua kelompok flora dan fauna yang jauh berbeda
D. Penyatuan kedua wilayah itu diprediksi akan terjadi lagi pada abad-abad mendatang
E. Perlu ada perhatian serius untuk melindungi flora dan fauna di kedua wilayah itu
14 Pertanyaan yang sesuai dengan teks di atas adalah …
A. Apakah faktor geologis mempengaruhi jenis flora dan fauna?
B. Mengapa pulau-pulau di Indonesia bagian barat pernah menyatu dengan benua Asia?
C. Mengapa pulau-pulau di Indonesia bagian timur pernah menyatu dengan benua Australia?
D. Apakah benua Australi dan Asia pernah menyatu?
E. Apa pengertian flora dan fauna?
A. Apakah faktor geologis mempengaruhi jenis flora dan fauna?
B. Mengapa pulau-pulau di Indonesia bagian barat pernah menyatu dengan benua Asia?
C. Mengapa pulau-pulau di Indonesia bagian timur pernah menyatu dengan benua Australia?
D. Apakah benua Australi dan Asia pernah menyatu?
E. Apa pengertian flora dan fauna?
15 Aspek yang dapat dinilai terhadap laporan hasil analisis teks
eksplanasi adalah …
A. Kelengkapan bagian-bagian laporan
B. Ketepatan isi pembahasan
C. Kebakuan kata
D. Kebakuaan ejaan/tanda baca
E. Jumlah halaman
B. Ketepatan isi pembahasan
C. Kebakuan kata
D. Kebakuaan ejaan/tanda baca
E. Jumlah halaman
Bacalah teks di bawah ini untuk menjawab soal no 16 – 17!
16. Teks tersebut terdiri dari pendahuluan dan rincian-rincian tentang sebab terjadinya gempa bumi. Bagian pendahuluan terdiri atas tiga paragraf yang berisi pengertian gempa bumi dan jenis-jenisnya. Bagian perincian terdiri atas lima paragraf. Paragraf pertama membahas …
Teks di atas adalah penilian hasil analisis teks ekplanasi bagian …
16. Teks tersebut terdiri dari pendahuluan dan rincian-rincian tentang sebab terjadinya gempa bumi. Bagian pendahuluan terdiri atas tiga paragraf yang berisi pengertian gempa bumi dan jenis-jenisnya. Bagian perincian terdiri atas lima paragraf. Paragraf pertama membahas …
Teks di atas adalah penilian hasil analisis teks ekplanasi bagian …
A. Kaidah
B. Bahasa
C. Struktur
D. Kesimpulam
E. Isi
B. Bahasa
C. Struktur
D. Kesimpulam
E. Isi
17. Hal yang tidak diungkap dalam penillaian laporan hasil
analisis teks eksplanasi di atas adalah …
A. Rincian sebab terjadinya gempa bumi
B. Jumlah paragraf
C. Pengertian gempa bumi
D. Proses terjadinya gempa bumi
E. Jenis-jenis gempa bumi
B. Jumlah paragraf
C. Pengertian gempa bumi
D. Proses terjadinya gempa bumi
E. Jenis-jenis gempa bumi
Bacalah teks di bawah ini untuk menjawab soal no 18 – 20!
18 Bahasa Indonesia yang digunakan sekarang berasal dari bahasa Melayu. Bahasa tersebut sejak lama digunakan sebagai bahasa perantara (lingua franca) atau bahasa pergaulan. Tidak hanya digunakan di kepulauan Nusantara, tetapi juga digunakan hampir di seluruh Asia Tenggara. Hal ini diperkuat dengan ditemukannya prasasti-prasasti kuno yang ditulis dengan menggunakan bahasa Melayu
Teks eksplanasi di atas menuangkan tentang pengetahuan tentang masalah/fenomena …
18 Bahasa Indonesia yang digunakan sekarang berasal dari bahasa Melayu. Bahasa tersebut sejak lama digunakan sebagai bahasa perantara (lingua franca) atau bahasa pergaulan. Tidak hanya digunakan di kepulauan Nusantara, tetapi juga digunakan hampir di seluruh Asia Tenggara. Hal ini diperkuat dengan ditemukannya prasasti-prasasti kuno yang ditulis dengan menggunakan bahasa Melayu
Teks eksplanasi di atas menuangkan tentang pengetahuan tentang masalah/fenomena …
A. Alam
B. Sosial
C. Agama
D. Ekonomi
E. Budaya
B. Sosial
C. Agama
D. Ekonomi
E. Budaya
19 Pernyataan yang sesuai dengan teks di atas adalah …
A. Bahasa Indonesia adalah bahasa Melayu.
B. Bahasa Indonesia sejak lama digunakan sebagai bahasa perantara (lingua franca) atau bahasa pergaulan.
C. Bahasa Indonesia Tidak hanya digunakan di kepulauan Nusantara, tetapi juga digunakan hampir di seluruh Asia Tenggara.
D. Ditemukannya prasasti-prasasti kuno yang ditulis dengan menggunakan bahasa Melayu
E. Di Melayu telah ditemukan Prasasti-prasasti kuno
A. Bahasa Indonesia adalah bahasa Melayu.
B. Bahasa Indonesia sejak lama digunakan sebagai bahasa perantara (lingua franca) atau bahasa pergaulan.
C. Bahasa Indonesia Tidak hanya digunakan di kepulauan Nusantara, tetapi juga digunakan hampir di seluruh Asia Tenggara.
D. Ditemukannya prasasti-prasasti kuno yang ditulis dengan menggunakan bahasa Melayu
E. Di Melayu telah ditemukan Prasasti-prasasti kuno
20 Obyek teks eksplanasi di atas adalah
A. Asal usul bahasa Melayu
B. Asal usul bahasa Lingua Franca
C. Asal usul bahasa Indonesia
D. Asal usul bahasa prasasti kuno
E. Asal usul suku Melayu
A. Asal usul bahasa Melayu
B. Asal usul bahasa Lingua Franca
C. Asal usul bahasa Indonesia
D. Asal usul bahasa prasasti kuno
E. Asal usul suku Melayu
II. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jelas!
(1) Biogeografi merupakan bidang ilmu yang mempelajari dan berusaha untuk menjelaskan penyebaran organisme di permukaan bumi. (2) Menurut teori evolusi, organisme berkembang dari permulaan yang sederhana menjadi semakin kompleks dan semakin beragam. (3) Dari asal-usulnya di laut menyebar ke air tawar, ke darat, dan bahkan ke udara. (4) Kemampuan ini tidak terus menerus tetapi ditandai dengan saat-saat pembentukan spesies yang cepat pada waktu kesempatan ekologi memungkinkan, dan saat-saat perkembangan berhenti karena habitat telah penuh, serta kepunahan jika perubahan keadaan lingkungan lebih cepat daripada daya penyesuaian.
(1) Biogeografi merupakan bidang ilmu yang mempelajari dan berusaha untuk menjelaskan penyebaran organisme di permukaan bumi. (2) Menurut teori evolusi, organisme berkembang dari permulaan yang sederhana menjadi semakin kompleks dan semakin beragam. (3) Dari asal-usulnya di laut menyebar ke air tawar, ke darat, dan bahkan ke udara. (4) Kemampuan ini tidak terus menerus tetapi ditandai dengan saat-saat pembentukan spesies yang cepat pada waktu kesempatan ekologi memungkinkan, dan saat-saat perkembangan berhenti karena habitat telah penuh, serta kepunahan jika perubahan keadaan lingkungan lebih cepat daripada daya penyesuaian.
1. Perbaikilah redaksi kalimat no (1), terutama kalimat yang
bergaris bawah!
2. Pada kalimat nomor 2, kata permulaan dan semakin sebenarnya tidak perlu. Apakah kata-kata itu perlu dikeluarkan, dan baimana susunanya yang benar?
3. Kalimat no (3) tidak memiliki subjek. Kata apakah yang tepat untuk mewakili subjek? Tulislah struktur kalimatnya secara lengkap!
4. Pada kalimat (4) mengandung banyak gagasan. Oleh karena itu, kalimat tersebut sebaiknya dijadikan beberapa kalimat. Bagaimana pemenggalan yang benar sehingga maksudnya menjadi lebih jelas?
5. Pada kalimat no (4) terdapat kesalahan penulisan kata ulang terus menerus. Apa kesalahannya? Tulislah perbaikannya
2. Pada kalimat nomor 2, kata permulaan dan semakin sebenarnya tidak perlu. Apakah kata-kata itu perlu dikeluarkan, dan baimana susunanya yang benar?
3. Kalimat no (3) tidak memiliki subjek. Kata apakah yang tepat untuk mewakili subjek? Tulislah struktur kalimatnya secara lengkap!
4. Pada kalimat (4) mengandung banyak gagasan. Oleh karena itu, kalimat tersebut sebaiknya dijadikan beberapa kalimat. Bagaimana pemenggalan yang benar sehingga maksudnya menjadi lebih jelas?
5. Pada kalimat no (4) terdapat kesalahan penulisan kata ulang terus menerus. Apa kesalahannya? Tulislah perbaikannya
Garis bawahilah huruf-huruf yang seharusnya
menggunakan huruf kapital!
1. mereka sedang berenang.
2. adik bertanya, “mengapa ayam tidak dapat terbang jauh?”
3. temanku yang beragama kristen membaca alkitab.
4. semoga tuhan yang maha pengasih melindungi kita.
5. tuhan mengasihi hamba-nya.
6. kemarin saya ke rumah haji andi.
7. jembatan itu diresmikan oleh gubernur tukul.
8. bingkisan ini untuk kolonel banu.
9. gedung itu akan diresmikan oleh menteri.
10. di sana menteri akan memimpin rapat.
11. ya, saya kira begitu, paman.
Garis bawahilah huruf-huruf yang seharusnya menggunakan huruf kapital!
1. ayahnya berpangkat sersan.
2. setelah berpikir sejenak, sersan memberi perintah.
3. ribuan pulau dari sabang sampai merauke dihuni oleh bangsa indonesia.
4. di indonesia terdapat suku dayak, suku batak, suku jawa, dan lain-lain.
5. suku nias umumnya menggunakan bahasa nias.
6. kita harus berusaha mengindonesiakan kata-kata asing.
7. ibu membeli garam hongkong.
8. ayah membeli rambutan aceh.
9. halaman rumahku ditanami rumput jepang.
10. peristiwa itu terjadi pada hari senin tanggal 1 Februari 2006.
11. mereka akan menjemput pamannya.
Garis bawahilah huruf-huruf yang seharusnya menggunakan huruf kapital!
1. menjelang hari natal banyak orang membeli makanan.
2. di negara irak pernah terjadi perang teluk.
3. kita selalu memperingati hari proklamasi kemerdekaan.
4. perlombaan senjata bisa menimbulkan perang dunia.
5. di antara pulau Sumatra dan pulau jawa terdapat selat sunda.
6. kantornya di jalan diponegoro.
7. gempa hebat telah menenggelamkan pulau kecil itu.
8. mungkin barang itu jatuh di jalan.
9. siapa yang suka mandi di kali?
10. ayahnya menjadi anggota dewan perwakilan rakyat.
11. “silakan masuk, dik!” kata Ruli.
Garis bawahilah huruf-huruf yang seharusnya menggunakan huruf kapital!
1. buku ini diterbitkan oleh departemen pendidikan nasional republik indonesia.
2. buku ini memuat undang-undang dasar 1945 secara lengkap.
3. negara kita berbentuk republik.
4. menurut undang-undang dasar negara kita, bahasa indonesia berkedudukan
sebagai bahasa negara.
5. dia anggota redaksi surat kabar jawa pos.
6. dia membaca buku berpikir yang cerdas.
7. anton, s.h. memimpin rapat.
8. pengarang buku ini prof.Dr. burhan.
9. resep ini ditulis oleh dr. andi.
10. harap bapak menunggu di sini.
11. kami akan menghadap kolonel tukul.
1. mereka sedang berenang.
2. adik bertanya, “mengapa ayam tidak dapat terbang jauh?”
3. temanku yang beragama kristen membaca alkitab.
4. semoga tuhan yang maha pengasih melindungi kita.
5. tuhan mengasihi hamba-nya.
6. kemarin saya ke rumah haji andi.
7. jembatan itu diresmikan oleh gubernur tukul.
8. bingkisan ini untuk kolonel banu.
9. gedung itu akan diresmikan oleh menteri.
10. di sana menteri akan memimpin rapat.
11. ya, saya kira begitu, paman.
Garis bawahilah huruf-huruf yang seharusnya menggunakan huruf kapital!
1. ayahnya berpangkat sersan.
2. setelah berpikir sejenak, sersan memberi perintah.
3. ribuan pulau dari sabang sampai merauke dihuni oleh bangsa indonesia.
4. di indonesia terdapat suku dayak, suku batak, suku jawa, dan lain-lain.
5. suku nias umumnya menggunakan bahasa nias.
6. kita harus berusaha mengindonesiakan kata-kata asing.
7. ibu membeli garam hongkong.
8. ayah membeli rambutan aceh.
9. halaman rumahku ditanami rumput jepang.
10. peristiwa itu terjadi pada hari senin tanggal 1 Februari 2006.
11. mereka akan menjemput pamannya.
Garis bawahilah huruf-huruf yang seharusnya menggunakan huruf kapital!
1. menjelang hari natal banyak orang membeli makanan.
2. di negara irak pernah terjadi perang teluk.
3. kita selalu memperingati hari proklamasi kemerdekaan.
4. perlombaan senjata bisa menimbulkan perang dunia.
5. di antara pulau Sumatra dan pulau jawa terdapat selat sunda.
6. kantornya di jalan diponegoro.
7. gempa hebat telah menenggelamkan pulau kecil itu.
8. mungkin barang itu jatuh di jalan.
9. siapa yang suka mandi di kali?
10. ayahnya menjadi anggota dewan perwakilan rakyat.
11. “silakan masuk, dik!” kata Ruli.
Garis bawahilah huruf-huruf yang seharusnya menggunakan huruf kapital!
1. buku ini diterbitkan oleh departemen pendidikan nasional republik indonesia.
2. buku ini memuat undang-undang dasar 1945 secara lengkap.
3. negara kita berbentuk republik.
4. menurut undang-undang dasar negara kita, bahasa indonesia berkedudukan
sebagai bahasa negara.
5. dia anggota redaksi surat kabar jawa pos.
6. dia membaca buku berpikir yang cerdas.
7. anton, s.h. memimpin rapat.
8. pengarang buku ini prof.Dr. burhan.
9. resep ini ditulis oleh dr. andi.
10. harap bapak menunggu di sini.
11. kami akan menghadap kolonel tukul.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar