Senin, 02 Mei 2016

Fisika : Hukum Newton

FISIKA à HUKUM NEWTON 1, 2, dan 3

Gambar di samping adalah seorang laki-laki yang sedang mendayung sampannya. Peristiwa ini menggunakan hukum Newton 2 dan hukum Newton 3.
Hukum Newton 2 ditunjukkan oleh gaya yang diberikan oleh orang tersebut untuk mendorong sampan sehingga sampan bisa bergerak dan kecepatannya berubah. Sedangkan, hukum Newton 3 ditunjukkan oleh aksi yang diberikan laki-laki itu ke belakang dibalas dengan reaksi yang diberikan air ke depan sehingga sampan bergerak ke depan.


Gambar di samping adalah seseorang yang sedang duduk di sebuah kursi. Peristiwa ini menggunakan hukum Newton 1 dan Newton 3.
Hukum Newton 1 ditunjukkan oleh gaya yang diberikan orang pada saat duduk tidak membuat kursi itu bergerak (∑ = 0). Sedangkan, hukum Newton 3 ditunjukkan oleh aksi yang diberikan orang pada kursi dan kursi memberikan reaksi kepada orang tersebut sehingga orang tersebut tidak jatuh karena ditahan oleh reaksi kursi tersebut.



Gambar di samping adalah seseorang yang sedang memanah. Peristiwa ini menggunakan hukum Newton 2 dan 3.
Hukum Newton 2 ditunjukkan oleh gaya yang diberikan oleh tarikan orang tersebut (aksi) membuat panah terlontar/terlempar dan kecepatannya berubah. Sedangkan, hukum Newton 3 ditunjukkan oleh aksi yang diberikan tarikan orang tersebut dibalas dengan reaksi dari tali/string pelontar sehingga panah terlontar.

Gambar di samping adalah pesawat ulang alik yang sedang meluncur dengan tenaga roket. Peristiwa ini menggunakan hukum Newton 2 dan 3.
Hukum Newton 2 ditunjukkan oleh gaya yang diberikan roket akan meluncurkan pesawat ulang alik itu dan mengubah kecepatannya menjadi lebih tinggi. Sedangkan, hukum Newton 3 ditunjukkan oleh aksi yang diberikan roket terhadap tanah/permukaan dilawan dengan reaksi yang diberikan permukaan tanah tersebut. Karena permukaan tanah memberi reaksi maka pesawat akan terdorong ke atas.
Gambar di samping adalah seorang anak yang sedang menarik tali yang sudah diikatkan pada sebuah tembok. Peristiwa ini menggunakan hukum Newton 1 dan Newton 3.

Hukum Newton 1 ditunjukkan oleh gaya yang diberikan orang pada saat menarik tali tidak membuat tembok berpindah tempat (∑ = 0). Sedangkan, hukum Newton 3 ditunjukkan oleh aksi yang diberikan orang pada tembok dilawan dengan reaksi yang diberikan tembok sehingga tembok tidak bergerak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar